Tuesday, September 30, 2014

Makanan dan Minuman yang Mempersehat Kulit (Part 2)

Pada artikel yang sebelumnya sudah dijelaskan 5 makanan dan minuman yang baik untuk merawat kesehatan dan keindahan kulit dari dalam yaitu wortel, pepaya, bayam, seledri, dan teh hijau. Pada bagian kedua ini kita akan melanjutkan jenis makanan lainnya yang baik untuk kulit yaitu :
itulagi.com


6. Dark Chocolate

Siapa yang tidak mengenal coklat? saya rasa mayoritas orang menyukai makanan yang satu ini. Ada beberapa jenis coklat yang beredar di pasaran namun yang paling baik adalah dark chocolate. Dark chocolate kaya akan antioksidan, asam lemak, dan flavanols yang menjadikan kulit sehat dan bersinar. Antioksidan yang terdapatpada dark chocolate akan membantu mengurangi kulit kasar dan melindungi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Selain itu, coklat dapat melancarkan peredaran darah sehingga kulit akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi lebih maksimal. Jika anda akan membeli coklat di pasaran sebaiknya anda membeli coklat jenis couverture yaitu coklat yang mengandung lemak kakao lebih dari 70% (coklat murni), coklat jenis ini memiliki aroma dan rasa coklat yang sangat kental juga bebas dari campuran susu dan gula sehingga aman juga dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani program diet.

7. Minyak Kelapa (Virgin Coconut Oil)

Minyak kelapa merupakan salah satu sumber lemak jenuh terbesar. Minyak kelapa mengandung asam laurat, antibacterial agent dan anti-virus yang dapat mencegah virus, bakteri, serta dapatmengurangi peradangan dan jerawat. Minyak kelapa juga kaya akan asam lemak esensial dan vitamin E yang sangat baik dalam menjaga kelembaban kulit anda, membuat kulit lebih lembab, lembut, dan bebas kerutan. Minyak kelapa murni dapat digunakan sebagai pelembab kulit (dioleskan langsung ke kulit) dan dapat dikonsumsi sebanyak 1 sendok makan setiap harinya. Selain bagus untuk tenggorokan dan tiroid ada fakta yang membuktikan bahwa minyak kelapa murni dapat membantu menurunkan berat badan.

8. Paprika Merah 

Paprika merah merupakan sayuran yang mudah diolah, dapat dimasak ataupun dimakan mentah sebagai campuran salad. Satu buah paprika merah mengandung lebih dari kebutuhan harian vitamin C kita. Paprika merah juga mengandung banyak serat dan vitamin B6, kaya akan karotenoid yang dapat membantu mencegah keriput serta penuaan dini dan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit anda sehingga membuat kita tampak awet muda. Selain itu juga karotenoid berfungsi untuk mencegah timbulnya jerawat. Satu suah paprika mengandung sekitar 3o kalori sehingga bisa dikonsumsi sebagai makanan diet. Serat paprika yang kaya akan membuat kita akan merasa kenyang kebih lama. Jika kita rajin mengonsumsi paprika makan tisak hanya akan memiliki kulit sehat dan indah namun juga badan yang tetap ramping dan sehat.

9. Ikan Salmon

Sebenarnya mengkonsumsi ikan baik untuk kesehatan, namun pada artikel ini saya akan membahas tentang ikan salmon. Ikan salmon mengandung omega-3 yang tinggi yang merupakan resep utama untuk kulit yang cerah cemerlang, selain itu juga kandungan protein yang tinggi membantu meningkatkan reproduksi sel serta  melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi. Omega-3 juga baik untuk mengurangi peradangan jerawat dan membantu mencegah keriput. Selain itu juga ikan salmon mengandung banyak vitamin D yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, tulang, usus, dan otak. 

10. Seeds (Biji-bijian)

Biji-bijian yang baik untuk kulit diantaranya adalah biji chia, biji rami, biji bunga matahari,  dan biji labu. Biji labu dan biji bunga matahari mengandung selenium yang tinggi, vitamin E, magnesium dan protein. Selenium dan protein dapat mencegah keriput, sedangkan vitamin E berffungsi menjaga kelembaban kulit anda, dan magnesium berfungsi menurunkan tingkat stres. Biji rami, biji chia mengandung omega-3 yang berfungsi mencegah keriput dan jerawat. konsumsi biji-bijian ini sebagai cemilan sehat ataupun sebagai campuran makanan ataupun minuman anda setiap hari.

Selain 10 jenis makanan yang dijelaskan diatas, masih banyak jenis makanan yang baik untuk kesehatan kulit seperti alpukat, gandum, sayuran yang berwarna hijau dan merah, minyak zaitun, dll.Mengkonsumsi makanan yang sehat lebih efektif dibandingkan menggunakan produk-produk perawatan kulit yang berdar di pasaran yang mengandung banyak bahan zat kimia. Mulailah hidup sehat dari sekarang, selain mudah dan murah juga tanpa efek samping.

Stay Beauty, Keep Healthy, And be Fabulous.




No comments:

Post a Comment